Rabu, 10 Agustus 2011

Teori Tentang Pemenuhan Kebutuhan

Manusia hidup didunia yang fana ini pasti membutuhkan yang namanya pemenuhan kebutuhan. salah satunya kebutuhan tentang keindahan. Simund Freud bapak Psikoanalisa menjelaskan bahwa id manusia itu terbagi dalam 2 keinginan yaitu eros dan tanatos. eros adalah keinginan untuk pemenuhan kebutuhan sexual dan tanatos adalah keinginan ataupun hasrat untuk membunuh atau survival.

Maka dari itu manusia sebenarnya adalah hewan yang diberi akal. Yang membedakan manusia dengan binatang adalah tingkah lakunya, Kalau manusia bertindak dibatasi oleh norma norma yang berlaku dimasyarakat sedangkan binatang tidak sama sekali. Akan tetapi manusia dan hewan sama sama memiliki insting dasar untuk menghindari rasa sakit dan untuk bertahan hidup.

Tuhan menciptakan segala sesuatu pastilah ada manfaat dibalik itu. Dia menciptakan tumbuh tumbuhan, laut gunung sungai dan sebagainya saling berhubungan dan saling membutuhkan. Dan salah satu kegunaan alam semesta ini diciptakaNya adalah untuk dinikmati manusia, dan untuk dikelola tidak lupa dilestarikan oleh manusia.

Manusia adalah mahluk yang sangat kompleks, terdiri dari bebagai macam unsur. baik itu zat yang nampak ataupun zat yang tidak nampak. bahkan bila kita teliti tubuh manusia sangatlah rumit sekali , baik itu sel sel pembentuknya,kimiawi bagian bagian tubuhnya, ataupun suatu energi yang dimana energi itu tidak bisa dilihat oleh mata, tapi sangatlah penting kontribusinya bagi kelangsungan pergerakan dari tubuh manusia tersebut.

Energi yang kita maksudkan adalah energi ruh manusia. Energi ini sangatlah penting peranannya untuk kelangsungan hidup manusia. Tubuh manusia bila ditinggalkan energi ruh tersebut maka akan terjadi proses destruktifikasi, tubuh manusia akan membusuk, mengeluarkan bau yang tak enak, dan akan segera hancur. Hal ini adalah suatu peristiwa yang sangatlah aneh. Sesuatu yang keluar dari tubuh manusia tapi tidak dapat di rasakan oleh panca indra manusia, tapi peranannya sangat penting sekali bagi kelangsungan hidup organisme tersebut.

Sebagaimana tubuh manusia yang butuh asupan energi dari luar berupa makanan, Energi Ruh pun membutuhkan suatu asupan berupa makanan. Akan tetapi energi ruh manusia berbeda makananya dengan tubuh manusia. Kalau energi yang dibutuhkan oleh tubuh berupa materi yang nampak seperti karbohidrat, protein, mimeral, vitmin, dan lain sebagainya, tapi kalau energi yang dibutuhkan oleh ruh adalah berupa rasa senang, rasa tentram, rasa bahagia yang didapat dari pengalaman pengalaman jasmaniah maupun ruhaniah.

Salah satu pengalaman manusia untuk pemenuhan kebutuhan energi ruhaniah adalah vacation atau liburan. Bila kita mendapatkan input dari panca indra kita berupa sesuatu hal yang membuat otak menjadi fresh dan santai, maka itu adalah salah satu pemenuhan nutrisi bagi energi ruh kita. Bilamana energi ruh menjadi fresh, hal itu berdampak bagi tubuh manusia. Jadi kita butuh yang namanya vacation atau liburan, karena hal itu adalah salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan tentang keindahan.

Indonesia adalah salah satu dari negara terindah di dunia. Diapit oleh dua samudra yaitu samudra Hindia dan samudra Pasific, dan diapit oleh dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Dengan letak geografis yang begitu unik maka berpengaruh pula pada keunikan dan keragaman flora dan fauna yang ada di Indonesia, apalagi Indonesia adalah negeri bahari yang terkenal dengan keindahan pulau pulau dan kekayaan biota lautnya. Sungguh sangat disayangkan jikalau kita sebagai salah satu mahluk hidup yang berada di negara Indonesia tidak mengeksplorasi kekayaan alam khususnya kekayaan bahari yang berada di Indonesia.

Salah satu pantai atau pulau yang belum tereksplorasi dengan kontinyu adalah Kepulauan Karimunjawa. Kepulauan Karimunjawa terletak di utara Pulau Jawa, tepatnya 80 km dari kota Jepara. Pulau Karimunjawa terdiri dari 27 pulau dan salah satu pulau yang terbesar adalah Pulau Karimun. Disinilah letak pusat pemerintahan Kecamatan Karimunjawa. Pulau lain yang berpenghuni adalah Kemujan, Nyamuk, Parang dan Genting. Yang tidak berpenghuni adalah Pulau Menjangan Besar Menjangan Kecil, Cemara Besar, Cemara Kecil, Geleyang, Burung, Bengkoang, Kembang, Krakal, Katang Besar, Katang Kecil,Sintok, Mrican, Tengah, pinggir, Cilik, Gundul, Sruni, Tambangan, Cendikian, Kumbang dan Mencawakan(Menyawakan)

Karimunjawa dikarenakan keindahan alamnya, kekayaan terumbu karangnya, biota launya yang eksotis dan berbagai macam flora yang hampir punah seperti elang dada putih, penyu hijau dan penyu sisik, maka pada tanggal 15 maret 2001 karimunjawa ditetapkan sebagai Taman Nasional, dan konserfasi berbagai biota laut oleh Pemerintah.

Created By : Ray

3 komentar:

  1. Gambar-gambar alamnya ditampilin donk... men jelas ngebayanginnya

    BalasHapus
  2. ah sante doel itu menyusul,.... seng penteng pesan moralnya masuk,....

    BalasHapus
  3. nek tanya masalah info wisata ke karimunjawa tanya aja ke ane,... :)

    BalasHapus